Cara Menurunkan Berat Badan 10Kg dengan Cepat Secara Alami

Berikut ini adalah Tips Menurunkan Berat Badan 10kg dengan Cepat
Kegemukan atau obesitas merupakan masalah kesehatan yang sepertinya sudah menjadi musuh bersama bagi kebanyakan orang. Selain membuat penampilan kurang menarik serta menurunkan kepercayaan diri, tubuh yang gemuk juga sangat beresiko untuk terkena penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes atau serangan jantung.


Bukanlah pekerjaan yang mudah untuk menurunkan berat badan. Aneka obat serta berbagai program diet yang dilakukan tidak serta merta bisa memberikan hasil yang memuaskan. Diperlukan upaya yang ekstra serta motivasi yang lebih besar agar bisa menurunkan berat badan secara optimal.

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti ini, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips menurunkan berat badan 10 kg secara alami berikut ini:

Kurangi Porsi Makan Besar

makan Besar

Prinsip dasar dalam menurunkan berat badan adalah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat melebihi dari jumlah kalori yang akan digunakan oleh tubuh.

Ketika kelebihan kalori dialami oleh tubuh, maka terjadilah kegemukan. Hal ini disebabkan karena kalori yang berlebih tersebut hanya akan menjadi timbunan lemak, khusunya pada perut. Oleh karena itu bagi mereka yang memiliki berat berlebih pasti juga akan memliki perut yang lebih besar. Penimbunan lemak ini juga sering terjadi pada bagian paha dan pantat.

Untuk itu, sangat penting dalam mengatur konsumsi kalori Anda. Secara normal, tubuh manusia membutuhkan kalori antara 1500 kal sampai 2000 kal. Ketika Anda makan dalam porsi yang besar, maka tubuh akan mendapatkan asupan kalori sekitar 600 - 800 kal. Oleh karena itu, usahakan agar makan dalam porsi besar cukup sekali dalam sehari. Sisanya, Anda bisa mengkonsumsi sayur atau buah sebagai pengganti makanan.

Konsumsi nasi sebaiknya hanya saat siang hari karena nasi memiliki kandungan kalori yang sangat besar. Kebiasaan untuk memasukkan nasi dalam menu makan malam hanya akan membuat tubuh Anda semakin mudah untuk menjadi gemuk.

Namun jika konsumsi nasi tidak bisa dihindari saat malam hari, usahakan agar tidak lebih dari 6 sendok makan saja. Konsumsilah buah dan sayur karena kandungan seratnya juga bisa membuat perut menjadi kenyang dalam waktu yang lama. Nasi merah juga bisa menjadi alternatif karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Makanan Rendah Kalori

Tips menurunkan berat badan 10 kg selanjutnya adalah dengan mengganti menu makanan menjadi makanan yang rendah kalori. Hal ini bukanlah sesuatu yang rumit, karena ada begitu banyak swalayan yang menyediakan makanan yang rendah kalori, misalnya roti gandum.

Selain itu, perhatikan nilai kalori per sajian pada setiap cemilan yang Anda beli. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengontrol konsumsi kalori sehari. Kurangi juga kebiasaan untuk meminum minuman yang manis karena kandungan kalorinya sangatlah tinggi.

Kurangi Makanan Berlemak

makanan Berlemak

Lemak jenuh sangat sulit untuk diurai oleh tubuh, sehingga hanya akan disimpan menjadi lemak dan membuat tubuh menjadi gemuk. Oleh karena itu, hindarilah makanan yang memiliki lemak jenuh yang sangat besar seperti daging, jeroan, gorengan, dan makanan sejenisnya. Konsumsilah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti tahu, tempe, dan kedelai.

Pilih Cemilan Sehat

fitbar

Cemilan pada umumnya memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi, dan hal ini sering tidak disadari. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengkonsumsi cemilan, Anda tetap bisa menurunkan berat badan 10 kg tanpa menghilangkan kebiasaan ngemil dengan memilih cemilan yang memiliki kalori rendah.


Cemilan rendah kalori sering ditandai dengan bahan dasarnya yang terbuat dari kedelai. Namun bagi Anda yang tidak bisa menghilangkan hobi ngemil, tidak ada salahnya untuk mengganti cemilan dengan buah-buahan seperti apel atau belimbing. Untuk buah-buahan, hindari mengkonsumsi durian karena memiliki kandungan lemak yang banyak.

perbanyak Olahraga

Cara yang terakhir adalah dengan berolahraga. Rutin melakukan olahraga minimal 30 menit sehari akan membuat proses penurunan berat badan lebih cepat. Olahraga sederhana seperti jogging atau berseda dapat membakar sekitar 300 sampai 400 kalori. Bayangkan jika Anda melakukannya selama 1 jam, maka Anda akan membakar kalori hingga 800 kal.

Secara keseluruhan, olahraga yang rutin akan memberikan kontribusi sekitar 40% dalam proses penurunan berat badan. Selain memiliki berat yang ideal, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat bugar.

***

Ketika berat tubuh yang diinginkan sudah didapatkan, saatnya Anda fokus untuk mempertahankan berat tersebut. Misalnya ketika melakukan tips menurunkan berat badan 10 kg Anda hanya 1 kali makan besar, maka untuk mempertahankan berat badan Anda bisa makan besar sebanyak 2 kali.

Artikel Terkait