Cara Mujarab Menambah Penjualan Bisnis

Tags


Selain perencanaan dan keuangan yang teliti, pembawakan karakter seorang pedagang memainkan peran penting dalam bisnis. Jatuh bangun sesuatu bisnis tergantung pada kemampuan seseorang mengembangkan kekaisaran bisnisnya. Jadi, bagaimana perbaikan yang dapat dilakukan untuk membantu seseorang sukses dalam bisnis yang ditekuninya?

Dress what you want to be, not what you expected to be. Penampilan saat mendekati pelanggan adalah sangat penting, salah satunya adalah berpakaian rapi. Berpakaian tidak selalu harus mahal, namun pemilihan pakaian yang sesuai dan sedap mata memandang memungkinkan seseorang itu mudah diterima dan meyakinkan. Jika Anda sedang bertemu dengan klien ditempat yang santai dan relaks, hindari memakai pakaian yang terlalu formal. Pakaian yang formal dapat menimbulkan mood yang serius dan kurang nyaman. Secepatnya pakailah pakaian yang bertepatan dengan tempat berjumpa seperti 'smart casual' yaitu baju T berkolar dan bercelana jeans serta sepatu tutup bagi pria, dan blouse dan skirt labuh bagi wanita. Bukan itu saja, pemilihan warna yang sesuai dapat menimbulkan mood diskusi. Hindari memakai pakaian yang terlalu terang atau mencolok. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi pelanggan ketika sedang berurusan. Pilihan warna pakaian dapat disesuaikan tergantung pada bentuk tubuh, warna kulit serta ketinggian seseorang tersebut. Pilihlah warna pakaian yang bertona dingin seperti biru dan hijau dan dipadankan dengan warna yang cerah. Jika ingin tampak sedikit 'daring' dan menonjol, gunakanlah warna bertona panas seperti merah, oranye atau kuning. Penampilan yang sedap dipandang bukan saja memudahkan urusan bisnis, tapi juga membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Dalam membujuk klien atau pelanggan sehingga tertarik dengan bisnis kita, 'approach' yang dilakukan harus tepat dan sesuai. Hindari pendekatan seperti menodong pertemuan dengan klien. Jika pelanggan sasaran menunjukkan tanda kurang tertarik, ucapkan terima kasih dan usaha lagi. Pelanggan yang tertarik akan bertanya lebih lanjut tentang produk penjualan, jadi jelaskan secara detail tentang produk dengan teratur. Waktu yang sesuai mendekati pelanggan juga sangat penting. Hal ini tergantung pada kondisi dan tempat pendekatan yang dipilih. Baca situasi saat dan carilah waktu yang tepat untuk mendekati pelanggan. Pedagang harus cerdas membaca situasi saat pelanggan sasaran. Sewaktu berinteraksi dengan pelanggan, pandanglah mata pelanggan sehingga informasi yang hendak disampaikan jelas. Coba tarik perhatian dan minat konsumen dengan cara mengamati kondisi fisik klien. Berucaplah dengan sopan dan gunakan kata ganti nama yang sesuai agar percakapan tidak menyinggung perasaan dan sebagainya.

Bagaimana mempertahankan diri Anda untuk terus termotivasi dalam bisnis? Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai. Lebih baik, tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan adanya tujuan seperti ini, Anda tidak mudah menyerah dan selalu berusaha mengembangkan bisnis Anda. Tetapkan tujuan dan sasaran bisnis secara jelas. Bila aspek ini jelas, Anda akan lebih fokus dan berusaha mencapai tujuan, sasaran maupun target bisnis.

Sebagai pedagang, sikap kreatif dan inovatif perlulah ada dalam diri. Kembangkan bisnis Anda. Sebagai contohnya, jika Anda seorang penjual ponsel, ketahuilah sesuatu barang tersebut tidak datang secara satu, tetapi dengan berbagai aksesori. Variasikan peralatan ponsel dengan cara menjual barang lain ponsel seperti casing ponsel, earphone, charger dan lain-lain. Bukan itu saja, perdalam lingkup bisnis sebagai contohnya berbisnis secara lisan dan juga atas online. Dengan cara ini, pelanggan sasaran lebih mudah untuk didekati. Selain itu, berdasarkan perkembangan saat juga penting dalam bisnis. Ikutilah tren-tren bisnis yang terkini agar tidak ketinggalan. Ingat, pastikan tren yang diikuti sesuai dengan biaya dan ketentuan bisnis Anda. Malu bertanya sesat jalan. Tidak salah bertukar pendapat dengan pedagang lain. Selain memperluas jaringan, Anda juga dapat menimba dan berbagi pengalaman baru bersama mereka.

Customer is always right. Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini? Memang benar, kepuasan pelanggan terhadap produk sangat penting sehingga pelanggan tidak akan jera untuk berurusan lagi. Untuk menghindari kejadian seperti ketidakpuasan hati dan tarik diri dalam transaksi, pastikan pedagang dan konsumen jelas dengan informasi dan prosedur jual beli. Dengan cara ini kerugian dan ketidakpuasan hati kedua belah pihak dalam dihindari. Pedagang juga harus bijak dalam menangani pelanggan yang dapat dikategorikan sebagai cerewet. Bagi pelanggan seperti ini, mereka sangat memegang ungkapan customer is always right tersebut jadi mereka mementingkan aspek seperti jangka waktu proses, layanan, kepuasan dan sebagainya. Justru, pedagang harus bijak menangani mereka dan dalam waktu yang sama berusaha untuk menghindari dari kehilangan pelanggan. Pedagang dapat memenuhi keinginan pelanggan ini dengan memberikan promosi gratis dan sebagainya.

Mengembangkan bisnis tidaklah terlalu sulit jika menggunakan pendekatan yang tepat. Segala penambahbaik dan perubahan yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi bisnis saat. Perkembangan bisnis tidak hanya terikat pada penambahan modal, tetapi pendekatan nyaman yang digunakan terhadap pelanggan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait