Strategi Pemasaran Melalui Video

Tags


video.marketing
Video online menawarkan kemudahan dan menjanjikan keuntungan di depan mata. Bagaimana caranya? Pada tahun 2008, Rich Aberman dan Bill Clerico berniat membuat bisnis proses pembayaran online. Sayangnya, mereka tidak memiliki modal yang besar untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Lalu mereka membuat sebuah video sederhana dengan bantuan software animasi gratis yang menjelaskan bisnis impian itu. Rich dan Bill mengirimkan email ke belasan investor profesional serta link video. Akibatnya, usaha mereka mendapat suntikan dana sebesar USD20,000. Kini pasangan tersebut telah mencapai kesuksesan manis, dengan 40 karyawan dan mendapatkan tambahan modal hingga USD20 juta.

Steffany Boldrini juga telah membuat 100 video untuk bisnisnya, ecobold.com, sebuah situs jual beli produk di kalangan sahabatnya. Melalui video-video tersebut, ia menunjukkan produk yang sering digunakan, serta unsur lawak. Tapi usahanya bukan setakat melalui video. Dia menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk mencari para pengguna Twitter yang memiliki minat yang sama dalam bidang organik. Sambil berharap orang-orang tersebut mem-follow bisnisnya, dia mem-follow mereka. Strategi itu berhasil. Salah satu videonya dilihat oleh 200.000 penonton. Situsnya juga dikunjungi ribuan pengunjung dalam waktu enam bulan setelah videonya ditampilkan di situs dan Youtube. Wow!

Anda juga bisa mengikuti kesuksesan mereka melalui video bisnis Anda. Bermodalkan Apple iMovie atau Windows Movie Maker, Anda dapat mengedit dan memproduksi video sendiri. Seperti pembuatan film, Anda dapat memulaikannya dengan proses pembuatan skenario.

Hal yang perlu diingat ketika membuat video adalah jangan terlalu Nampak ia berbentuk penjualan. Jika video Anda seperti iklan, para penonton tidak akan mengkongsikan dengan orang lain. Yang paling penting, buat mereka rasa seperti tidak ada pilihan dan melakukan pencarian lebih lanjut setelah melihat video Anda. Dalam video singkat itu, Anda bukanlah bercerita tetapi memberi panduan. Sentuhan humor juga penting karena akan membuat orang datang kembali.

Sehingga video Anda dilihat lebih banyak orang, sebarkan link dari video di blog, forum, facebook, twitter, daftar mail atau e-mail sahabat Anda. Ciptakan lebih banyak percakapan tentang video maupun bisnis Anda di setiap saluran tersebut. Anda juga bisa membuat membuat akun lain yang membicarakan tentang video tersebut. Nah, tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait