LASER dalam Bedah Plastik

Tags

pengenalan

Kata LASER berasal dari singkatan bahasa Inggris yaitu "Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation".

LASER adalah merupakan sinar cahaya yang memiliki panjang gelombang tertentu dan akan menghasilkan energi. Kekuatan energi yang dihasilkan tergantung pada kemantapan sinar cahaya. Apabila dipancarkan ke kulit atau jaringan, energi tersebut akan diserap oleh sel-sel tertentu di bawah lapisan kulit. Energi yang diserap akan berubah menjadi panas dan berikutnya menghancurkan sel-sel target. Sasaran ke sel-sel tertentu tergantung pada jarak gelombang pada peralatan LASER yang ada. Oleh yang demikian setiap peralatan hanya dapat memberikan perawatan yang berbeda dari peralatan LASER yang lain. Misalnya peralatan LASER untuk pengobatan pigmentasi tidak dapat digunakan untuk masalah lain seperti membuang tato atau bulu roma. Ini adalah karena energi dari gelombang yang dihasilkan akan bertindak pada sel target yaitu sel melanin saja. Sel-sel lain yang bukan target tidak menyerap energi tersebut dan tidak akan lenyap.

Penggunaan LASER dalam Bedah Plastik

LASER digunakan dalam bidang medis terutama dalam bidang kosmetik. Permintaan prosedur kurang invasif seperti BOTOX, "Dermal filler" adalah sangat tinggi. Demikian halnya dengan LASER karena ia juga termasuk dalam kelompok kurang invasif. LASER dapat digunakan dalam berbagai masalah kulit seperti pigmentasi kulit, jerawat, pembuluh darah kecil di bawah kulit, membuang tato, membuang bulu roma, menegangkan kulit, mengobati bekas dan sebagainya.

LASER juga digunakan dalam pengobatan terapi seperti pengobatan kelainan saluran darah ( "Port wine stain, Hemangioma"), membuang tumor biasa pada kulit seperti kutil, bintik-bintik dan sebagainya.

Siapakah yang sesuai menjalani perawatan LASER?

Perawatan LASER dapat diberi kepada siapa saja tergantung kepada kebutuhan medis atau kosmetik. Namun ahli akan membuat pemeriksaan sebelum menyarankan samada perawatan LASER dan peralatan yang ada sesuai atau tidak.

komplikasi

Perawatan LASER adalah berbasis cahaya yang menghasil panas di dalam sel-sel target Permukaan kulit bisa berubah menjadi kemerah-merahan untuk beberapa hari. Memar dan luka bakar dapat terjadi setelah perawatan. Hasil luka bakar akan meninggalkan bekas luka. Kulit akan menjadi sensitif terhadap sinar cahaya dan dapat menyebabkan pigmentasi.

Artikel Terkait