Teknik Komunikasi Yang Paling Efektif Martin Luther King

Tags


Ilmu komunikasi memang sangat penting bagi seorang PR. Ini karena ia wajib menyampaikan kondisi bisnis setiap saat dan di mana pun. Bagaimana Anda dapat memperbaiki citra bisnis tanpa komunikasi yang baik? Jadi, belajarlah dari para tokoh dunia yang hebat dalam berkomunikasi, salah satunya adalah Martin Luther King, Jr.

Memiliki gaya komunikasi yang sangat baik, membuat pria yang lahir pada 15 Januari 1929 ini berhasil menjadi salah seorang pemimpin terpenting dalam sejarah Amerika Serikat. Bukan hanya itu, dia juga dianggap sebagai pahlawan, pencipta kedamaian, dan martir oleh banyak orang di seluruh dunia pada era modern. Cara King berkomunikasi memang sangat mudah dimengerti. Ia juga mampu membuat orang hanyut dalam gelombang ombak yang disampaikan, sehingga masyarakat mendukung aktivis hak asasi manusia keturunan Afrika-Amerika tersebut.

Pelajaran Komunikasi dari Martin Luther King, Jr

Berikut adalah hal yang bisa ditiru oleh praktisi hubungan masyarakat dalam menerapkan komunikasi bisnis. Jika Anda ingin menjadi King, Anda bisa mempraktikkan beberapa pesan beliau.

· Ciptakan Solusi

"A genuine leader is not a Searcher for consensus but a molder of consensus."
"Pemimpin yang sebenarnya bukan pencari persetujuan tetapi membuat persetujuan."

Dari kata-kata ini, King mengajarkan kita untuk menciptakan solusi setiap kali timbul masalah. Ketika terjadi sesuatu masalah, seperti masalah menentukan strategi kampanye, jatuhnya citra bisnis, atau sebagainya, kita sering menemukan solusi berdasarkan pengalaman orang lain. Padahal tugas PR bukanlah mencari solusi tentang apa yang terjadi, tapi membuatnya.

· Komunikasi itu penting

"People file to get along because they fear each other; they fear each other because they do not know each other; they do not know each other because they have not communicated with each other. "

"Masyarakat gagal untuk bergaul satu sama lain; mereka takut akan satu sama lain karena tidak mengenali satu sama lain; mereka tidak mengenali satu sama lain karena mereka tidak berkomunikasi satu sama lain. "

Pada dasarnya, komunikasi penting untuk memperkenalkan diri serta bisnis. Tujuannya, agar masyarakat mengenali merek Anda, dan mendapatkan lebih banyak engagement.

· Jangan menyerah pada kegagalan

"Never succumb to the temptation of Bitterness."
"Jangan sekali-kali mengalah kepada godaan kekecewaan."

Kadangkala kampanye Anda tidak berapa berhasil; kadangkala Anda juga tidak dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Namun, King mengajarkan kita agar selalu percaya bahwa setiap usaha pasti membuahkan hasil.

· Bekerjalah Sebaik Mungkin

"Whatever your life s work is, do it well. A man should do his job so well that the living, the dead, and the unborn could do it no better. "

"Dalam setiap pekerjaan yang Anda buat, lakukan dengan baik. Setiap orang harus melakukan pekerjaan mereka dengan baik supaya yang hidup, yang mati dan yang tidak dilahirkan tidak akan dapat melakukan yang lebih baik "

Lakukan apapun pekerjaan sebaik mungkin, sehingga nama kita akan terus dikenal, karena tidak ada yang mampu melakukannya dengan lebih baik.

Secara umum, komunikasi adalah tentang apa yang Anda lakukan, mulai dari sikap, sifat, perilaku, dan sebagainya, bukan sekadar kata-kata. Karena kadangkala masyarakat lebih memandang kepada sikap seseorang dibandingkan dengan apa yang orang itu katakan.

Artikel Terkait