Tips Memperlakukan Pelanggan Dengan Baik

Tags

Pelanggan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam bisnis Anda. Tentunya, dengan memperlakukan pelanggan dengan baik akan membuat bisnis Anda berkembang. Ini karena, pelanggan yang puas dengan layanan Anda akan membawa bakal-bakal pelanggan lain yang akan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Berikut beberapa langkah untuk meningkatkan perasaan harga diri klien sehingga mereka merasa dilayani secara pribadi:

1. Menyadari kehadiran pelanggan dengan cepat;
Menyadari kehadiran pelanggan artinya ketika ada pelanggan datang, anda harus segera cepat tanggap dengan memberi respon yang cepat, agar pelanggan merasa bahwa kita ini profesional. Semisal di toko baju, ada pelanggan yang melihat - lihat baju, maka anda harus segera mendekati dan menanyai menginginkan baju yang seperti apa. Jangan hanya menonton pelanggan yang sedang melihat - lihat baju saja, karena terkadang pembeli malu untuk bertanya, jadi kitalah yang segera bertanya.

2. Selalu gunakan nama klien sesering mungkin;
Anda harus friendly dengan klien anda, terutama klien yang sering datang ke tempat anda. Dengan begitu, mereka akan merasa diperhatikan.

3. Jangan meremehkan pelanggan, walau pun Anda lebih pandai;
Jangan sampai anda cuek dan meremehkan pelanggan jika pelanggan menanyakan hal - hal yang tidak bermutu. Berikan jawaban yang tulus, bukan jawaban yang meremehkan dan membuat klien tersinggung.

4. Berikan pujian dengan tulus dan berikan penghargaan kepada pelanggan;
Semisal pada toko baju, jika pelanggan meminta pendapat anda tentang baju yang dikenakannya, maka jawablah dengan tulus dan jujur, jika baju yang akan dibeli itu kurang sesuai maka  jawablah dengan jujur dan berikanlah saran yang sesuai.

5. Perlakukan pelanggan seperti raja. Jangan sampai anda memaki pelanggan, karena sekali saja pelanggan merasa tidak enak, maka ia tidak akan pernah datang ke tempat anda lagi

Artikel Terkait