Tekanan Darah Tinggi pada Anak (hipertensi)

Tags

Dapatkah anak memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi)?

Iya, bisa dong.

Hipertensi sekarang ini menjadi semakin umum pada anak-anak dan remaja. Diperkirakan 3-5% dari anak-anak memiliki tekanan darah tinggi. Anak-anak yang memiliki tekanan darah tinggi cenderung akan menderita hipertensi seperti orang dewasa.

Apa itu tekanan darah?

Tekanan darah adalaha tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut - 120 /80 mmHg. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung, dan disebut tekanan sistole. Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastole. Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat Anda istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring.

Tekanan darah bervariasi tergantung pada usia, tinggi dan jenis kelamin. Umumnya, tekanan darah rendah pada masa bayi, dan naik perlahan-lahan sebagai usia anak. Boys 'tekanan darah sedikit lebih tinggi dibandingkan anak perempuan' yang, dan orang yang lebih tinggi umumnya memiliki tekanan darah lebih tinggi dari orang-orang pendek.

Bagaimana cara mengukur tekanan darah?

Tekanan darah (BP) dinyatakan dalam milimeter merkuri (mmHg). Jumlah tekanan atas mengacu pada tekanan sistolik. Jumlah bawah mengacu pada tekanan diastolik. BP diukur baik secara manual oleh perangkat yang dikenal sebagai sphygmomanometer atau dengan perangkat otomatis. Perhatian khusus harus diperhatikan dalam pemilihan ukuran manset yang tepat dalam kaitannya dengan lengan atas anak.

Tekanan darah tinggi (Hipertensi) - Apa itu?

Tekanan darah tinggi (hipertensi) berarti tekanan di arteri Anda lebih tinggi dari yang seharusnya. Tekanan darah tinggi pada anak-anak adalah tekanan darah yang sama dengan atau lebih tinggi dari 95 persen dari anak-anak yang berjenis kelamin sama, usia dan tinggi anak Anda pada setidaknya 3 bagian terpisah.

Sangat mudah bagi orang dewasa untuk mengetahui apakah mereka memiliki tekanan darah tinggi hanya dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan membandingkan angka untuk grafik sederhana. Anak-anak memiliki cek BP; Namun menafsirkan angka sangatlah  rumit. Dokter anak akan menggunakan grafik berdasarkan jenis kelamin, tinggi badan, dan angka tekanan darah anak Anda untuk menentukan apakah  anak Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Apakah anak saya perlu tes lebih lanjut?

Ketika hipertensi didiagnosis, pengujian lebih lanjut dianjurkan untuk membantu menentukan penyebab hipertensi. Evaluasi umumnya termasuk riwayat medis dan pemeriksaan fisik, pengukuran tekanan darah, tes laboratorium dan USG.


Apa penyebab hipertensi pada anak-anak?

Hipertensi primer (hipertensi esensial)
Hipertensi primer berarti bahwa hipertensi tidak tampaknya disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang mendasari lainnya. Insiden masa anak anak atau hipertensi primer remaja telah meningkat seiring dengan epidemi obesitas. Mayoritas remaja dengan hipertensi primer memiliki riwayat keluarga hipertensi dan / atau kelebihan berat badan.

Hipertensi sekunder
Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari dikenal. Tabel di bawah menunjukkan penyebab hipertensi pada anak-anak;

Penyebab Persentase hipertensi sekunder
Penyakit ginjal
75%

Kelainan pembuluh darah
15%

Gangguan endokrinologis
5%

Lainnya
5%


Apa  gejala umum dari hipertensi?

Seringkali, anak-anak dan remaja tidak memiliki gejala, meskipun beberapa anak mungkin mengalami sakit kepala. Pada kasus yang parah jarang terjadi, anak Anda mungkin memiliki tanda-tanda serius dan gejala yang menunjukkan keadaan darurat medis, seperti kehilangan penglihatan, penglihatan ganda, kebingungan, kejang, nyeri dada, nyeri perut dan kesulitan bernafas.

Jika tidak ada darah tinggi gejala tekanan, mengapa itu penting untuk mengobati hipertensi?

Tekanan darah tinggi menambah beban kerja jantung dan arteri. Meskipun seseorang mungkin tidak memiliki gejala apapun, itu tidak berarti bahwa tekanan darah tinggi tidak mempengaruhi tubuh.

Efek ini meliputi:


  1. Jantung dan Darah pembuluh - penyakit arteri koroner, gagal jantung, pengerasan arteri (atherosclerosis).
  2. Ginjal - jika pembuluh darah di ginjal rusak, mereka mungkin berhenti mengeluarkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh dan mengakibatkan gagal ginjal. Cairan ekstra ini dapat meningkatkan tekanan darah bahkan lebih.
  3. Organ lain - hipertensi membuat lebih sulit bagi darah untuk mencapai berbagai bagian tubuh, termasuk mata dan otak, dan dapat menyebabkan kebutaan dan stroke.

Efek hipertensi dapat dimulai pada masa anak-anak.

Bagaimana hipertensi diobati?

Rencana perawatan anak Anda mungkin tergantung pada:


  1. Apakah hipertensi adalah primer atau sekunder (jika sekunder, mengobati kondisi yang mendasari dapat membantu menyelesaikan hipertensi).
  2. Seberapa tinggi tekanan darah.
  3. Ringan sampai sedang hipertensi dengan gejala minimal dapat dikendalikan dengan tindakan non-farmakologis. Hal ini dikenal sebagai Modifikasi gaya hidup.


Gaya Hidup - Diet dan modifikasi latihan untuk menurunkan tekanan darah tinggi


  1. Berat
  2. Bertujuan untuk menjaga berat badan Anda pada tingkat yang sehat atau mengurangi berat badan Anda jika Anda kelebihan berat badan.
  3. Olahraga
  4. Bertujuan untuk latihan selama 20-30 menit per hari hampir setiap hari dalam seminggu. Latihan aerobik meliputi berjalan, berenang dan bersepeda.
  5. Makan makanan yang sehat dan mengurangi asupan garam
  6. Makan diet kaya segar, buah-buahan, sayuran segar dan biji-bijian, dan terbatas dalam garam, lemak dan minuman manis.
  7. Obat


Pada anak-anak dan remaja, obat dapat direkomendasikan dalam kasus-kasus sedang hingga hipertensi berat.

Pengobatan mungkin termasuk: Diuretik, beta blockers, enzyme (ACE) inhibitor angiotensin-converting, blocker reseptor Angiotensin II, dan calcium channel blockers.
Berapa lama obat dibutuhkan untuk?

Tergantung pada penyebab hipertensi dan kontrol hipertensi, durasi terapi obat berbeda. Kemampuan untuk membalikkan masalah obat yang mendasari dan keberhasilan modifikasi gaya hidup akan memungkinkan obat harus dihentikan.

Tahu apa tekanan darah Anda harus bekerja dan untuk tetap pada tingkat itu.
Untuk informasi lebih lanjut:

Klinis Pedoman Praktik Pengelolaan Hipertensi
(Departemen Kesehatan Malaysia, Academy of Medicine of Malaysia, Malaysia Society of Hypertension)

Penulis: Dr. Yap Yok Chin
Accreditor: Dr. Lim Yam Ngo
Pengulas: Dr. Aina Mariana bt. Abdul Manaf

sumber dan refrensi :
wikipedia.com
myHealth.gov.my
diterjemahkan dari bahasa inggris kedalam bahasa indonesia oleh ordeku.blogspot.com



Artikel Terkait