Penyakit Purpura Henoch-Schonlein (HSP)

Tags

HSP adalah sejenis peradangan pembuluh darah yang halus di dalam tubuh. Bengkak dan gatal-gatal pada pembuluh darah ini disebut sebagai vaskulitis. Kebanyakan HSP mempengaruhi pembuluh darah pada kulit, usus dan ginjal. Inflamasi menyebabkan pembuluh darah terluka (berdarah) dan menyebabkan ruam pada kulit.

Apa yang menyebabkan HSP?

HSP terjadi ketika sistem pertahanan tubuh sendiri yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Penyebab sebenarnya tidak diketahui tetapi banyak kasus HSP terdeteksi setelah infeksi virus (seperti flu).

Tanda / gejala HSP


  1. Memar (purpura - ruam merah yang dapat dirasa dan tidak hilang bila tekanan dikenakan).
  2. Arthritis (bengkak, sakit sendi)
  3. Sakit perut
  4. Ruam biasanya dilihat di sekitar kaki (tulang kering) dan punggung. Ruam terlihat seperti titik-titik kecil berwarna merah atau ungu dan tumpukan lebam. Ruam juga bisa muncul ditangan, telinga dan muka. Jaringan di sekitar ruam sering bengkak (edema subkutan). Pembengkakan ini menyakitkan dan dapat terjadi di sekitar tangan, kaki, sendi, skrotum atau kulit kepala.


Beberapa anak mengalami sakit dan bengkak di sendi-sendi yang besar. Pembengkakan dan rasa sakit sering reda dalam waktu 24 sampai 48 jam.

Radang di pembuluh darah halus di dalam usus menyebabkan kram, sakit perut dan muntah-muntah serta gerakan usus tidak normal (teleskop) yang menyebabkan usus tersumbat (intususepsi).

Radang pembuluh darah halus di dalam ginjal menyebabkan kencing berdarah (hematuria) yang menyakitkan. Ia hanya dapat terdeteksi secara mikroskopis. Radang ini sembuh dengan sendirinya. Namun, ada kasus terpencil melaporkan radang merusak ginjal.


Perawatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk HSP. Namun, dalam kasus ruam kulit, usus dan ginjal yang serius, steroid membantu untuk mengurangi tanda / gejala HSP. Namun, penggunaan steroid belum terbukti mencegah kerusakan ginjal.

Obat anti-inflamasi dapat membantu untuk mengontrol gejala rematik. Obat ini tidak menyembuhkan HSP mengingat penyakit ini adalah 'self-limiting' yaitu sistem pertahanan tubuh sendiri akan mengatasinya sendiri.

Dalam kasus usus tersumbat (akibat intususepsi), pembedahan mungkin perlu dilakukan.

Apakah HSP menular?

HSP bukan penyakit menular karena bukan disebabkan oleh mana-mana kuman.

Komplikasi jangka panjang HSP

Kebanyakan anak pulih tanpa efek samping dalam jangka panjang. Umumnya kebanyakan anak akan pulih setelah 2 sampai 4 minggu. Namun ada kasus HSP yang berkepanjangan dan mendapatkan episode HSP berulang.

Komplikasi jangka panjang HSP adalah kerusakan ginjal. Anak-anak dengan HSP harus menjalani pemeriksaan tekanan darah secara teratur dan tes urin untuk memantau fungsi ginjal. Namun, kerusakan ginjal akibat HSP langka.




Ruam purpura pada bagian tungkai bawah pasien HSP




Last Reviewed: 26 November 2015
Penterjemah: Noorhayati bt. Kassim
Accreditor: Dr. Aina Mariana bt. Abdul Manaf

source:myHealth.gov.my
diterjemahkan kedalam bahasa indonesia oleh ordeku.blogspot.com


Artikel Terkait