kumpulan cara membahagiakan pasangan hidup (50 cara)

berikut adalah kumpulan cara membahagiakan pasangan baik pacar, kekasih maupun suami istri agar tetap rukun , damai dan sejahtera

Jangan Umbar Kemesraan
Membaur bersama teman-teman pasangan Kalian memang sangat dianjurkan untuk mempererat keharmonisan hubungan karena dengan begitu lama-kelamaan teman dari pasangan kalian juga akan merasakan kenyamanan saat bersama anda sehingga anda akan didukung oleh semua pihak. Tapi jangan mengumbar kemesraan seperti memeluk, membelai, atau mencium di depan mereka, apalagi di tempat umum. Bisa jadi pasangan Kalian akan risih dan salah tingkah di hadapan teman-temannya. Dan teman-temannya pun akan merasa tidak nyaman bergaul dengan kalian.

Cairkan Suasana
Jika Kalian dan pasangan sedang menghadapi permasalahan yang membuat hubungan menjadi tegang dan membuat hati merasa tidak enak maka segera cairkan suasana dengan joke-joke dan lelucon yang segar yang bisa membuat si dia tersenyum atau bahkan tertawa. Syaratnya, Kalian juga harus tertawa saat membawakan lelucon tersebut.


Jangan Umbar Pertengkaran
Selain tidak mengumbar kemesraan, sebaiknya kalian juga tidak mengumbar pertengkaran di depan umum maupun di media sosial seperti update status sedih tentang pasangan anda karena anda dimarahi, dibentak ataupun lainnya. Membentak pasangan hingga pasangan menangis di depan umum tidak akan menyelesaikan masalah. Jika Kalian mengalami satu permasalahan bersama pasangan sebaiknya selesaikan di tempat yang tenang dan jauh dari teman-temannya.


Ingat tanggal-tanggal penting bagi anda berdua.

Walaupun terkesan remeh, namun hal ini sangat bisa membuat pacar anda merasa bahagia jika anda mengingat hal hal tersebut.  Ingatlah hal-hal seperti hari ulang tahunnya, tanggal anda berdua jadian, atau hari-hari saat ia sedang menghadapi ujian.  Tanpa perlu ia ingatkan, berikanlah kejutan-kejutan kecil pada sang pacar, misalkan hadiah-hadiah buatan tangan atau sekedar pesan singkat.

Hal ini membuktikan bahwa anda menganggap serius hubungan dengan sang pacar ataupun kekasih tersayang dan benar-benar ingin memberikan yang terbaik untuk hubungan anda berdua.  Ingat, perhatian untuk hal-hal kecil seperti ini yang bisa membuat kisah cinta anda berdua selalu langgeng di masa depan dan akan tetap hidup bahagia.



Pahami peran anda sebagai seorang pria/ wanita

Ketahui dengan baik peranan anda.  Jika anda seorang pria, maka jadilah sosok yang bisa dijadikan tempat bersandar oleh sang pacar.  Lindungilah kekasih anda, pastikan ia merasa nyaman, dan cobalah untuk bertindak dengan gentleman.  Lakukan juga hal-hal yang lumrah dilakukan oleh seorang pria, misal mengantar pacar anda pulang dari kencan.

Jika anda seorang wanita, berikanlah perhatian yang tulus pada pacar anda.  Bersikaplah lembut kepadanya, jika perlu bertingkahlah sedikit manja.  Mintalah pendapat dari pacar anda, dan lakukan berbagai nasihat serta saran positif darinya.  Jika anda berdua menyadari peranan masing-masing sebagai pria dan wanita, maka hubungan anda berdua akan lebih bahagia.


Jangan berbicara tentang mantan-mantan pacar anda

Hal ini bisa membuat sang pacar merasa tidak aman, merasa dibanding-bandingkan, dan berpikiran bahwa anda masih mencintai sang mantan.  Dalam suatu hubungan, sangatlah tidak etis apabila anda terlalu lama berbicara tentang hubungan asmara anda yang sudah berlalu.  Jangan mencoba membuat pacar anda terkesan dengan berbagai kisah cinta anda di masa lalu, karena hal itu bisa membuatnya tidak aman dan merasa sedih.

Kubur jauh-jauh ingatan tentang mantan pacar jika anda ingin menjalin sebuah hubungan yang harmonis dengan pacar anda saat ini.  .


Percaya diri pada penampilan anda

Tentu saja, untuk bisa tampil percaya diri anda harus selalu menjaga penampilan.  Untuk pria, berusahalah untuk setidaknya menjaga bentuk tubuh anda, mengenakan pakaian yang bersih dan pantas saat bersamanya, serta menjaga kebersihan badan.  Untuk wanita, usahakan untuk tampil cantik, namun jangan sampai anda membuat pacar anda kesal karena usaha anda, misalkan dengan berdandan terlalu lama.




 Ungkapkan perasaan anda

Terutama untuk wanita, cobalah untuk terbuka dalam mengungkapkan perasaan anda pada sang kekasih, baik berupa perasaan negatif atau positif.  Jangan memendam perasaan anda, lalu tiba-tiba marah dan ngambek pada sang pacar tanpa memberitahukan sebabnya.  Hal ini bisa membuat pacar anda bingung, bahkan merasa kesal.

Saat anda hendak mengungkapkan perasaan, lakukan dengan jelas, tidak berputar-putar, namun sebisa mungkin tidak menyakiti perasaannya.  Begitu juga apabila anda merasa kangen, jangan ragu untuk mengucapkan hal itu pada sang pacar.

Minta maaf

Tak ada hal yang sempurna di dunia ini, termasuk dalam hubungan percintaan.  Pasti ada suatu titik di mana anda berbuat kesalahan dan membuat sang pacar merasa sakit hati dan marah.  Jika anda mengetahui hal ini dan menyadari bahwa anda melakukan kesalahan, maka janganlah ragu untuk meminta maaf.  Sikap ini justru bisa membuat sang pacar makin mencintai anda dan membuatnya makin bahagia.

Satu hal lagi, jika anda berada dalam posisi yang disakiti hatinya, cobalah untuk membuka pintu maaf pada sang pacar, jika kesalahannya memang bisa ditoleransi.  Jangan sampai anda terhalang oleh gengsi dan harga diri untuk meminta maaf dan memberikan maaf pada kekasih anda.


Jangan terlalu banyak menyanggah pendapatnya

Dalam hubungan antar kekasih, usahakanlah untuk menghindari argumen atau debat yang tidak penting.  Jika anda merasa tidak setuju dengan sang pacar, jangan langsung mendebatnya dengan frontal, dengan mengatakan "tidak".  Tawarkan berbagai alternatif atas pendapat sang kekasih, dan jika ia masih tetap ngotot, jelaskan dengan sabar dan lembut bahwa ia lebih memilih alternatif lain.

Terlalu banyak berdebat dan beradu argumen bisa berakibat pertengkaran.  Memang dalam beberapa kasus adu argumen dan silang pendapat justru bisa mempererat anda berdua, namun jika anda setiap saat melakukannya, sang pacar bisa merasa lelah dan mungkin kehilangan kesabaran.





 Buat ia tertawa, namun ketahuilah saat yang tepat untuk tertawa

Apabila ia bisa tertawa saat bersama anda, hal ini membuktikan bahwa sang pacar merasa bahagia.  Oleh karena itu, buatlah ia tertawa dengan memberikan perhatian yang tulus, menghiburnya saat ia merasa sedih, melakukan hal-hal yang disukainya, atau memberikan hadiah-hadiah kecil.  Hal seperti ini akan membuat hubungan cinta anda berdua menjadi lebih kuat.

Namun ketahui juga saat yang tepat untuk tertawa.  Jangan sekali-kali tertawa, apalagi menertawakan sang pacar saat ia sedang dalam situasi serius.  Hal ini bisa membuat sang pacar berpikiran bahwa anda sedang meremehkannya dan tidak berniat mendengarkan cerita darinya.


Romantis dan setia

Kesetiaan adalah kunci dari kebahagiaan sebuah hubungan antar kekasih.  Jadilah sosok yang setia, yang mampu menganggap kekasih anda sebagai orang yang spesial dalam hidup anda.  Tunjukkan bahwa anda mencintainya dengan menjaga kepercayaan dan menjadi kekasih yang setia mendampinginya baik dalam suka maupun duka.

Sikap romantis juga merupakan hal yang penting dalam cara membahagiakan pacar.  Cobalah untuk tidak pernah bosan menunjukkan sikap bahwa anda mencintainya.  Berikanlah perhatian yang tulus, dan sayangi pacar anda dengan segenap perasaan.



Jangan memaksa, namun buat ia dengan tulus melakukan suatu hal untuk anda

Jika anda ingin sang pacar melakukan sesuatu, maka anda berhak memintanya.  Cobalah untuk mengangkat topik ini sekali, dan sebutkan permintaan anda dengan jelas pada sang pacar.  Perhatikan raut wajahnya, dan tunggulah beberapa saat sampai ia bisa melakukannya untuk anda.  Anda boleh saja mengingatkan hal ini, namun jangan sekali-kali memaksa, apalagi mengancamnya untuk mengabulkan hal tersebut.

Apabila pacar anda mampu melakukan hal-hal yang anda minta dengan hati tulus, hal itu akan lebih bermakna dan tidak hanya membuat diri anda, namun juga dirinya merasa bahagia.  Hal ini juga berlaku untu hal-hal besar dan serius seperti pernikahan.


Ikut Berkumpul Bersama Banyak temannya
Jangan selalu ingin berdua bersamanya setiap waktu. Sesekali, luangkan waktu untuk ikut kegiatan bersama si dia dan teman-temannya. Kenali lingkungan dimana dia bersosialisasi. Jika Anda bisa membaur dengan teman-temannya, si dia akan menilai Anda pribadi yang "easy going" dan mau dilibatkan dalam kegiatan yang disukainya.

Banyak-Banyaklah Tertawa
Ceritakan lelucon atau candaan yang membuat Anda dan pasangan tertawa. Tawa itu bisa menular, dan semakin sering Anda membuatnya tertawa, dia pun akan semakin nyaman berada di dekat Anda.

Jadi Pendengar yang Baik
Tanya pada pasangan, apa saja yang dia alami hari ini, dan dengarkan ketika dia bercerita. Jika pasangan sedang ada masalah, jangan berusaha mencarikan jalan keluar atau beri nasehat kecuali dia memintanya. Cukup dengarkan dengan seksama, mungkin saja dia tidak memerlukan solusi dari Anda, tapi hanya butuh orang untuk meluapkan kekesalannya.


Hindari Bertengkar di Depan Orang Lain
Jika Anda dan si dia bertengkar, jangan membentak atau menangis di depan umum. Cari tempat yang tenang untuk membicarakan masalah, atau tunggu hingga emosi Anda berdua benar-benar stabil baru mulai bicara serius.

Buatkan Makanan
Saat berkunjung ke rumah orang tuanya, ada baiknya jika anda membawa kue-kue kecil buatan sendiri. Ini cara sederhana yang cukup efektif mengambil hati ibunda kekasih Anda. Memberikan makanan buatan sendiri akan lebih meninggalkan kesan spesial dibandingkan memberi makanan jadi di toko kue. Tidak bisa masak? Mintalah bantuan ibu atau teman yang jago masak untuk membantu Anda.
Selalu komunikasi
ini yang termasuk penting agar pacar / kekasihmu tetap bahagia. Usahakan kamu selalu berkomunikasi dengan kekasih ataupun pacar supaya ia tidak merasakan diabaikan. Selain itu ketika kamu berkomunikasi dengan kekasih maka jangan terlalu lama membalas chat, sms maupun yang lainnya karena akan membuat hatinya menjadi was was dan merasa diabaikan lagi.
Mempunyai komitmen bersama
Ketika kamu mempunyai kekasih maka tidak jarang akan sering terjadi kesalahfahaman. Karena itu kamu harus membuat komitmen bersama dengan kekasihmu agar ia selalu merasa nyaman dan tidak was was ketika terjadi sesuatu yang membuat kekasihmu cemburu.
Menghargai
cobalah kamu menghargai apa yang kekasihmu katakan. Jangan cuek karena bisa membuat ia merasa diabaikan 





cara membahagiakan pasangan suami atau istri menurut agama islam


Anda adalah sekuntum mawar yang sedang bersinar di rumah anda. Buatlah di saat suami anda masuk ke rumah, dia merasa bahwa kecantikan dan keharuman mawar tersebut, tidak bukan dan tidak lain hanyalah untuknya seorang.

Sopan dan penuh perhatianlah anda ketika berbincang-bincng dan berdiskusi, jauhkanlah perdebatan dan sikap keras kepala untuk mengemukakan pendapat anda.

Pahami pula kebenaran dan keindahan prinsip-prinsip islam di balik kelebihan sang suami terhadap anda selaku istri, yang memang terkait dengan kodrat seorang wanita, dan janganlah hal ini dianggap sebagai sesuatu yang dzalim (penindasan).


Bagaimana caranya agar suami anda itu bisa merasa damai dan nyaman, baik dengan perbuatan ataupun dengan kata-kata? Hal itulah yang secara terus menerus anda selalu usahakan untuk suami anda. Untuk kesempurnaannya, lakukan itu dengan sepenuh jiwa.
Lembutkanlah suara anda ketika berbicara dengan sang suami dan pastikan suara anda tidak meninggi pada saat dia bersama anda. Diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwa Rasulullah SAW bersabda; “Seorang istri yang menyakiti suaminya di dunia, bidadari calon istrinya di surga akan berkata; ‘Jangan kamu sakiti dia! Semoga Allah memusuhimu. Sesungguhnya di sisimu dia hanya sebagai seorang tamu. Dia akan meninggalkanmu menuju kami’.” (HR. At-Tirmidzi)

Pastikan anda bangun pada malam hari untuk melakukan shalat malam secara rutin (qiyamul lail), hal ini akan membawa kecerahan dan kebahagiaan pada perkawinan anda, sungguh mengingat Allah SWT akan membawa ketenangan pada hati anda. “Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati (senantiasa) menjadi tenteram (tenang).” (QS. Ar-Ra’d [13]: 28)

Di malam hari, jadilah seperti pengantin baru buat suami anda, janganlah anda beranjak tidur lebih dulu dari sang suami, kecuali kalau dirasa sangat perlu.

Ketika suami anda baru pulang dari perjalanan yang lama ataupun bepergian dari tempat yang jauh, sambutlah dia dengan wajah yang ceria dan tunjukkanlah bahwa anda sangat merindukan kedatangannya.

Ingatlah selalu bahwa keberadaan sang suami adalah salah satu sarana mendekatkan diri anda kepada Allah SWT.


Bersikaplah diam ketika suami anda sedang marah dan jangan tidur kecuali dia mengijinkannya. Dalam kitab Shahih (Al-Bukhari) dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah SAW bersabda; “Apabila seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidurnya, namun si istri menolak untuk datang, lalu si suami bermalam (tidur) dalam keadaan marah kepada istrinya tersebut, niscaya para malaikat melaknat si istri sampai ia berada di pagi hari.”

Berdirilah dekat suami anda ketika dia sedang memakai baju dan sepatunya.

Buatlah suami anda merasa bahwa anda menginginkan sang suami untuk mengenakan baju yang anda pilih buat dia, pilihlah pakaian itu oleh anda sendiri.

 Anda harus sensitif dan memahami kebutuhan suami anda, untuk menjadikan pernikahan anda menjadi yang terbaik tanpa menghabiskan waktu anda. Dari Thalaq bin Ali, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda; “Suami mana saja yang memanggil istrinya untuk memenuhi hajatnya, maka si istri harus/wajib mendatanginya (memenuhi panggilannya) walaupun ia sedang memanggang roti di atas tungku api.”

Ketika ada perselisihan pendapat, hendaknya anda tidak menunggu agar sang suami meminta maaf kepada anda (jangan jadikan hal ini sebagai prioritas utama harapan anda) mengalahlah demi kebaikan anda dan pasangan, kecuali kalau suami anda secara sadar mengakuinya.

Rawatlah penampilan dan pakaian suami anda, biarpun kelihatannya suami anda malas untuk merawat dan memakainya, tapi yakinlah bahwa dia akan menyukainya sebagaimana teman-temannya juga akan menyukainya.

Hendaknya anda tidak selalu mengandalkan suami anda untuk berkeinginan melakukan hubungan badan. Sekali-kali anda mulailah lebih dulu, tentu pada saat yang tepat.


Pastikan Anda untuk selalu memperbaharui dan merubah bentuk penampilan anda, sebagai tanda dan ungkapan kasih anda menyambut suami tercinta.

Ketika sang suami meminta sesuatu untuk melakukan hal-hal tertentu, maka pastikan anda melakukannya dengan sigap dan sepenuh hati, jangan sampai anda merasa enggan dan terlihat lamban.
(Almuhajirun, arrahmah.com)



Janganlah menunggu atau mengharapkan balasan dari semua perbuatan dan kebiasaan baik anda, banyak suami karena kesibukan kerjanya, gampang melupakan untuk melakukan hal tersebut, atau secara tidak sengaja lupa untuk menyampaikan penghargaan yang semestinya kepada anda.

Hendaknya berbuat sesuai dengan keadaan dan kemampuan keuangan yang ada, dan jangan meminta sesuatu yang berlebihan dan mahal.



source:
http://www.top10indo.com/2013/08/10-cara-membahagiakan-pacar.html
http://fbs-id.mywapblog.com/cara-membahagiakan-suami-menurut-agama-i.xhtml

kumpulan cara membahagiakan pacar * cara agar kekasih bahagia * cara menyenangkan pasangan maupun kekasih * cara menyenangkan pacar * cara membuat pacar senang * cara membuat kekasih senang *

Artikel Terkait