10 Tips Cara Kuruskan Badan

Apakah anda tahu cara kuruskan badan dengan cepat dan mudah? InsyaAllah, dalam post kali ini saya akan berbagi 10 tips dan petunjuk untuk kuruskan badan.

1. Tetapkan tujuan Anda untuk mengurangi berat badan secara perlahan-lahan. Yaitu penurunan dalam 0.5kg ke 1kg dalam seminggu.
Biasanya 0.5kg adalah angka yang biasa yang mampu dicapai oleh kebanyakan Anda. Tapi jangan terlalu memaksa jika Anda tak mencapai target awal. Jika Anda dapat kurangkan 0.1kg pun dah bagus untuk permulaan.

2. Sebaiknya, lupakan niat Anda untuk mengambil obat-obatan dengan tujuan menurunkan berat badan. Lebih-lebih lagi tanpa mendapat saran atau izin dokter.

3. Ambil makanan dan minuman yang rendah kalori dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.
Kurangilah sebanyak 500 kalori per hari untuk tujuan mengurangi berat badan.Kurangkan juga asupan makanan ataupun minuman yang manis (kandungan gula yang tinggi). Lebihkanlah memakan buah-buahan dan sayuran segar.

4. Hindari memakan makanan ringan di antara waktu makan. Sebaliknya, Anda bisa gantikan dengan sepotong biskuit krim kraker dengan secangkir kopi atau teh kurang manis (rendah lemak). Ataupun makan saja buah-buahan sebagai ganti.

5. Banyakkan minum air mineral dan jangan meminum minuman beralkohol.

6. Atur waktu makan Anda setiap hari.
Sebagai contoh:
Sarapan di antara jam 7.00 ke 7.30 pagi,
Makan di antara waktu pagi dan siang (10.00 - 11.00 pagi),
Makan siang (12.30 siang - 1.30 petang)
Minum petang (3.30 - 4.00 petang)
Makan malam (6.30 petang - 7.30 malam)
Kemudian, disiplinkan diri Anda agar makan pada waktu yang ditetapkan. Jika dicepatkan atau dilambatkan sedikit pun tak mengapa. Ikuti kondisi dan kesesuaian Anda.

7. Makanlah di ruang makan dan bukannya di depan tv.

8. Biasakan diri menggunakan piring yang lebih kecil saat makan. Tujuannya agar Anda tidak mengambil terlalu banyak atau menambahkan lauk-pauk yang berlemak atau berkalori tinggi.

9. Penuhi hari Anda dengan melakukan kegiatan tertentu untuk menghindari dari asyik teringatkan makanan.
Sebagai contoh:
Lakukan kegiatan latihan 3 sampai 5 kali seminggu. Lakukan selama 30 menit setiap hari.
Anda juga bisa pecahkan ke 3 sesi setiap hari. Yaitu 10 menit untuk setiap sesi. Bisa buat 10 menit di waktu pagi, 10 menit pada siang dan 10 menit sewaktu petang.

10. Pastikan juga Anda mendapatkan istirahat secukupnya. Misalnya waktu tidur. Tidurlah dalam 6 sampai 8 jam sehari.
Sekian sharing saya tentang Cara Tips Tips Kuruskan Badan. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait