Berkata di Belakang Orang Lain / Mengumpat

Apakah Anda sadar atau tidak, mengumpat itu adalah hal yang pernah dilakukan oleh semua orang ..
Pernahkah Anda merasa bahwa Anda diperkata dibelakang oleh teman-teman Anda sendiri?
Ya?
Dan pernahkah pula Anda sendiri mengatakan sesuatu yang buruk tentang teman Anda tanpa pengetahuan teman Anda itu?
Ya?

Mengata di Belakang Orang Lain
Jika kita ingat bagaimana perasaannya ketika kita diperkata dibelakang oleh teman kita sendiri, kita juga tidak patut melakukannya.

Semua agama mengajarkan penganutnya untuk selalu menjaga tali persahabatan diantara sesama manusia dan tidak berkata buruk tentang temannya.

Mari kita selami kisah ini untuk mengetahui apa yang mungkin dapat terjadi akibat hal ini.
Sejak beberapa hari lalu, M merasa rakan2 nya tidak ingin berbicara dengannya. M mencoba mendekati mereka tetapi tetap menerima layanan yang sama.
Hal ini berlanjut hingga beberapa minggu dan ini membuat dia merasa sedih dan bingung. Akhirnya, salah seorangrakannya S memberitau bahwa seorang teman mereka bernama R telah menceritakan sesuatu yang tidak baik tentang dirinya. Ini menyebabkan kemarahan kepada teman-temannya yang lain terhadap dirinya, antas mereka membuat keputusan untuk mengucilkannya.
M merasa sungguh sedih, marah dan renda diri, apalagi, hal yang dibicarakan itu adalah tidak benar sama sekali. Dia merasa tidak bersemangat untuk kesekolahlagi. Karena itu pelajarannya terpengaruh dan dia tidak mendapatkan nilai yang baik didalam ujian akhir.
Semua orang akan merasa sedih ketika berhadapan dengan situasi diatas.

NAMUN bagaimana Anda menangani masalah ini bisa memberi efek yang BERBEDA.
Jika Anda menanganinya dengan negatif, Anda mungkin akan berakhir dengan situasi sama seperti M. Tapi jika Anda bertindak dengan lebih bijak, Anda dapat memenangkan hati teman-teman Anda kembali dan tetap cemerlang didalam pelajaran Anda.
Tips untuk menangani masalah ketika mengetahui ada orang mengata atau mengumpat di belakang kita.

Anda dapat membuat keputusan untuk terus memperbaiki tali persahabatan dengan individu tersebut atau tidak.

Jika Anda tidak ingin melanjutkan persahabatan dengan individu tersebut, Anda hanya perlu diam dan teruskan hidup seperti biasa.
Jika Anda rasa ingin melanjutkan persahabatan dengan teman tersebut, ada baiknya Anda berhadapan dan berbicara secara pribadi dan bersifat jujur.
Hindari menuduh rekan Anda karena ini dapat mengundang kemarahan dan menyulitkan Anda berbicara secara baik.

Jadi individu yang lebih baik. Bak kata pepatah "Things Terjadi for a Reason" atau "Sesuatu yang terjadi pasti ada hikmahnya". Mungkin baik untuk muhasabah diri dan memperbaiki diri supaya kita lebih disenangi oleh teman-teman.
Hindari melakukan hal yang sama (mengata di belakang / mengumpat).

Artikel Terkait