Pentingnya Perawatan Tulang Belakang

Tags


Kenapa penting untuk menjaga tulang belakang?

Perawatan tulang belakang adalah penting untuk mengurangi masalah seperti sakit punggung, sakit leher, rasa letih lesu serta kita merasa sehat bugar dan berkeyakinan.

Apakah cara untuk menjaga tulang belakang?

Satu cara yang paling penting adalah dengan menjaga postur kita. Cara kita berdiri, duduk, berbaring dan mengangkat barang penting. Postur yang salah ketika melakukan kegiatan ini dapat mengakibatkan sakit punggung berkepanjangan.

Ada berbagai latihan yang dapat dilakukan untuk mendukung tulang belakang. Berjalan dan berenang terutama gaya punggung dan menggunakan sepeda statis adalah cara-cara yang baik untuk memperkuat tulang belakang.

Selain dari latihan aerobik, latihan peregangan dan penguatan juga perlu dilakukan.

Tempat latihan yang dapat dilakukan adalah seperti di bawah:

Lakukan kegiatan peregangan sebelum melakukan latihan untuk tulang belakang


Tip penjagan tulang belakang

Hindari berdiri terlalu lama. Jika terpaksa berdiri untuk jangka waktu panjang letakkan bangku rendah dekat dengan kaki. Salah satu kaki dapat ditempatkan secara bergilir di atas bangku tersebut untuk mengistirahatkan kaki.

Jangan guna sepatu bertumit tinggi. Pakailah sepatu dengan bantalan lembut.

Ketika duduk, gunalah kursi dengan punggung yang lurus dan dapat dimodifikasi ketinggiannya.

Jika mengemudi jarak jauh, berhentilah setiap satu atau dua jam. Keluar dari mobil dan berjalan seketika. Jangan mengangkat barang yang berat segera setelah mengemudi jarak yang jauh.

Berhenti merokok. Rokok dapat mengurangi aliran darah ke diska intervertebral pada tulang belakang dan dapat mengakibatkan masalah sakit punggung.

Kurangi berat badan jika kegemukan.

Artikel Terkait