Perawatan Nutrisi Pasien Hipotiroidisme

pengenalan

Hipotiroidisme (1) terjadi ketika kelenjar tiroid tidak aktif. Hormon tiroid yang dihasilkan terlalu sedikit dan tidak mencukupi. Risiko penyakit hipotiroidisme adalah tinggi pada wanita yang berumur 50 tahun ke atas, terutama yang memiliki sejarah keluarga dengan penyakit yang sama. Pengobatan pengganti hormon tiroid biasanya diperlukan untuk seumur hidup.

Apakah efek samping penyakit hipotiroidisme?

Meskipun ada banyak efek samping dari (2) penyakit hipotiroidisme seperti kelelahan, sembelit, tekanan perasaan (2) tetapi diskusi adalah ditujukan untuk aspek peningkatan berat badan, kontrol kolesterol dan masalah sembelit.

Kontrol berat badan

Berat badan naik secara mendadak disebabkan oleh metabolisme tubuh yang lambat. Pasien perlulah mengontrol jumlah dan jenis makanan yang diambil untuk menghindari kenaikan berat badan yang berkelanjutan.

Tips perawatan berat badan (3):

Pasien perlulah memilih makanan yang kurang berminyak seperti ikan bakar, sup ayam, tom yam, asam pedas dan lauk yang dipanggang.
Pilih nasi putih dibandingkan nasi lemak, nasi minyak, nasi tomat dan nasi Biryani.
Roti putih bolehlah diganti dengan roti gandum / roti jagung. Ini akan memberikan tambahan jumlah serat.
Tingkatkan konsumsi sayuran karena itu berkontribusi pada jumlah serat.
Waktu makan juga penting. Pasien dianjurkan makan pada waktu yang tetap. Eloklah jika diawali waktu makan malam.
Makanan yang asli adalah lebih baik dibandingkan dengan makanan terproses.
kontrol kolesterol

Pasien hipotiroidisme terutama yang tidak menjalani perawatan, biasanya akan mengalami masalah kenaikan kolesterol. Kontrol dari segi gizi dapat membantu mengontrol masalah ini. Silakan lihat topik kolesterol (4) di dalam portal ini untuk informasi lebih lanjut.

sembelit

Konsumsi serat dan air yang cukup dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Rekomendasi asupan serat adalah antara 25 gram sampai 30 gram sehari.

Makanan yang tinggi serat (5) termasuk kacang, kacang merah (kidney beans), apel, pir, brokoli, kol bunga, biji-bijian, termasuk bran dan gandum, almond, dan biji rami. Amalkan konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari.

Minumlah 6-8 gelas air sehari.
Apakah hal lain yang perlu diperhatikan?

Amalkan cara hidup sehat dengan melakukan latihan. Berolahraga secara teratur sesuai saran dokter dapat membantu mengatasi masalah berat badan.

from myhealth.gov.my

Artikel Terkait