Nutrisi untuk Penderita Kanker

pengenalan

Semua orang butuhkan makanan yang seimbang untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh. Begitu juga dengan pasien kanker. Tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan kanker dan tidak ada makanan khusus yang harus dimakan atau dihindari jika Anda mengidap kanker.

Nutrisi adalah faktor penting dan harus diambil berat oleh pasien kanser.Ini adalah karena kanker dan jenis perawatan yang diambil akan meningkatkan kebutuhan tubuh dan menyebabkan Anda perlu meningkatkan asupan makanan. Pola konsumsi makanan Anda juga akan terganggu. Jadi, pola makan yang baik sebelum, selama dan setelah pengobatan adalah penting dan dapat membuat Anda merasa lebih sehat dan berenergi.

Pentingnya Praktek Nutrisi yang Baik


  • Dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan jaringan yang rusak terutama setelah operasi, radioterapi, kemoterapi atau perawatan medis lainnya.
  • Dapat membantu menghadapi efek samping pengobatan dengan lebih baik dan sembuh dengan lebih cepat.
  • Dapat meningkatkan sistem imun / daya tahan tubuh untuk memungkinkan Anda melawan infeksi.
  • Dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.



Nutrisi Sebelum Perawatan

Makan berbagai jenis makanan akan menolong Anda mendapatkan segala nutrisi atau zat yang dibutuhkan. Badan akan mengganti makanan ke bentuk energi. Anda membutuhkan energi meskipun Anda tidak aktif seperti biasa. Jadi asupan makanan bertenaga dari sumber karbohidrat dan lemak harus memadai.

Makanan berprotein juga sangat penting untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi kuman atau infeksi. Konsumsi buah-buahan dan sayuran menyumbangkan vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.



Nutrisi Setelah Pengobatan

Setelah pengobatan, efek samping yang dialami akan berangsur hilang. Selera makan mungkin akan meningkat. Anda masih harus menjaga asupan makanan agar selalu bugar dan sehat. Antara pola makan yang disarankan adalah:


  • Makan makanan seimbang dan bergizi. Perdalam makanan Anda.
  • Makan 5 atau lebih berbagai hidangan sayur dan buah setiap hari.
  • Pilih karbohidrat kompleks dan gandum untuk meningkatkan asupan serat dalam diet Anda.
  • Kurangi konsumsi lemak dan garam dalam makanan.
  • Pilih makanan yang bisa menjaga berat badan sehat. Seimbangkan asupan makanan dengan aktivitas fisik.



Artikel Terkait