penyebab jagung bisa meletup sebelum menjadi pop corn

Tags

Hasil gambar untuk jagung
Suara letupan yang muncul saat memasak jagung menjadi popcorn merupakan sinyal bahwa proses kematangan sedang berjalan. Namun, bagi ilmuwan, hal itu merupakan fenomena yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Sekolompok ilmuwan dari Prancis telah menemukan jawaban dari fenomena itu. Mereka meneliti cara kerja dan proses jagung menjadi popcorn dengan menggunakan kamera berkecepatan tinggi, rekaman suara dan teori termodinamika.
Studi tersebut menyimpulkan bahwa letupan itu bukan disebabkan karena inti jagung yang terkuak atau memantul di dalam panci. Letupan khas itu terjadi karena uap air yang tertekan secara cepat berusaha melepaskan diri dari dalam.
"Seperti uang yang dikeluarkan, rongga dalam inti jagung bertindak sebagai 'resonator akustik' menegaskan suara letupan. Pola ini hampir sama dengan suara letupan saat membuka botol sampanye," ujar Emmanuel Virot, mahasiswa PhD dari CNRS, Paris, seperti dikutip The Guardian, Sabtu 14 Februari 2015.
Tim besutan Virot mengembangkan teknik pencitraan berkecepatan tinggi untuk meneliti dinamika tersebut.
"Kami mengambil keuntungan dari teknik ini dalam studi popcorn, sebuah pola letupan popcorn yang misterius dan menarik. Seiring dengan kami mulai meneliti letupan popcorn, ternyata ini mengandung fenomena fisika yang menarik," kata Virot.
Dikatakan Virot, inti popcorn mengandung 14 persen air yang akan menguap pada suhu 100 derajat celsius. Namun, ada kandungan cangkang di sini, yang bertindak sebagai pemasak berkekuatan mini, hingga bisa memecah titik puncak inti.
"Ketika inti retak, uap keluar dan menyebabkan interior tepung meluas dan melebarkan serpihan putih," katanya.
Penelitian ini menggunakan kamera dengan 2.900 frame per detik. Studi ini dipublikasikan di jurnal Royal Society Interface. (art)
 
 
 
 
sumber: vivanews.com  

Artikel Terkait