KHASIAT BUAH-BUAHAN

BUAH-BUAHAN adalah sumber makanan alami yang sudah tersedia ada dan mudah didapat, tapi sayang, ia kadang kala dilupakan begitu saja terutama tentang khasiatnya. Buah kiwi misalnya, meskipun sangat kecil tetapi 'gagah' karena sumber baik untuk magnesium, vitamin E dan serat, di samping mengandung vitamin C sebanyak dua kali lipat dibandingkan satu buah jeruk.

Begitu juga apel, sebiji sehari menjauhkan kita dari dokter. Meskipun sebuah apel mengandung vitamin C yang rendah, ia memiliki antioksidan dan flavanoids, yang mana menambahkan kegiatan untuk vitamin C, secara tidak langsung membantu mengurangi risiko kanker usus, sakit jantung dan stroke.

Buah jeruk pula adalah antara 'obat' paling manis. Mengambil dua atau empat biji buah berkenaan sehari, dapat menjauhkan flu, kolesterol mencegah dan melarutkan batu di dalam ginjal serta memperkecil risiko kanker usus. Buah mangga juga memiliki rahasianya tersendiri dan mungkin banyak yang tidak tahu tentang manfaatnya dalam membantu memperbaiki kesehatan seksual, khususnya bagi pria.

Menjelaskan fakta itu, ahli diet klinis, Tan Yen Sing, mengatakan di balik rasa yang enak dan segar, mangga juga kaya berbagai vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Bahkan, ia juga mengandung antioksidan yang tugasnya melawan radikal bebas, penyebab berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan jantung.


Tan mengatakan, selain membantu sistem pencernaan, sebagian besar seratnya larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Dengan ada semua khasiat itu dalam buah mangga itu turut membuat aliran darah dalam tubuh berjalan lancar dan kondisi itu sangat baik untuk pria ketika melakukan hubungan seksual, sekaligus membentuk gaya hidup seks yang lebih sehat.

Kampanye anjuran MBG Fruitsshop itu bertujuan membantu menjelaskan tentang hasil penelitian kesehatan terbaru kepada rakyat Malaysia, di samping mendidik dan menyebarkan informasi terkini sebagai panduan. Kampanye berkenaan diluncurkan oleh Direktur MBG Fuitshop, Adnan Lee bersama dua selebriti, Jojo Struys dan Hansen Lee.

Baik Untuk Kesehatan

Tan mengatakan, konsumsi buah-buahan baik impor maupun lokal adalah baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Ini dibuktikan oleh banyak hasil penelitian di seluruh negara. Banyak manfaat buah dibuktikan dari segi ilmiah, justru, orang tidak peduli pria atau wanita dari berbagai tingkat usia selalu didorong atau menjadikan buah sebagai hidangan wajib dalam menu harian.

Dia mengatakan, pada 2005, lebih 17 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Angka itu mencerminkan 30 persen dari kematian global. Ulasan turut menunjukkan konsumsi lebih dari lima porsi buah dan sayuran sehari mengurangi hingga 17 persen penyakit jantung koroner.

Ulasan lain pula mengungkapkan, sekitar 19 persen penderita kanker usus dan 31 persen pasien yang mengalami pembuluh tersumbat tersedia kurang mengambil buah-buahan dan sayur-sayuran.

Antara khasiat penting yang ada dalam buah-buahan adalah kandungan seratnya terutama membantu pencernaan. Bagi orang dewasa, asupan serat yang dibutuhkan adalah 20 gram sampai 35 gram per hari sedangkan anak-anak berusia dua tahun ke atas adalah tiga gram sampai 18 gram.

Namun, rata-rata warga Malaysia yang dewasa mengambil kurang dari 12 gram serat per hari dan ini tentu saja belum cukup. Antara buah-buahan yang kaya dengan khasiat serat adalah apel, pisang, anggur, kiwi dan mangga.

Tanpa asupan serat, makanan membutuhkan waktu antara 70 jam hingga 80 jam untuk melalui saluran pencernaan. Mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk saluran itu dapat melindungi dari serangan kanker usus besar dan rektum dengan mencairkan bahan beracun yang ada dalam usus besar serta mempercepat pengeluarannya dari tubuh.

Tan mengatakan, buah-buahan dapat diambil setengah jam sebelum atau setelah makan. Sebaiknya, alas perut dulu dan jangan memakannya secara tiba-tiba karena dapat memberi efek pada perut jika tidak biasa. Konsumsi buah-buahan sebaiknya terdiversifikasi, bahkan lebih elok jika dalam berbagai warna seperti pelangi karena dapat menjamin khasiat yang lebih banyak dapat dinikmati.

Nikmati Buah-Buahan

Ada berbagai cara untuk menikmati buah-buahan dengan lebih menggoda. Misalnya, jika ingin membuat pemanis mulut, Anda bisa letakkan es krim di atasnya atau tambahkan yoghurt tetapi pastikan jangan terlalu manis terutama jika makan mangga karena buah itu sendiri sudah manis. Untuk mendapatkan tidur yang lebih tenang dan merasa istirahat, ada juga yang menyarankan minum susu panas terlebih dulu, kemudian barulah makan buah kiwi.

Bagi yang ada penyakit tertentu atau memiliki masalah kesehatan, perlulah berhati-hati dan bersikap memilih. Ini karena ada buah-buahan tertentu, mungkin tidak sesuai diambil. Misalnya, jika individu tersebut memiliki masalah penyakit ginjal kronis, jangan sama sekali mengambil buah belimbing karena konsumsinya bisa memperburuk keadaan.

Khasiat Buah-Buahan:

Anggur / kismis

grapes

Mengurangi risiko kanker, stroke, penyakit jantung dan kehilangan ingatan, antipenuaan, antioksidan, antiradang, menjaga kesehatan kulit, mata, jantung, kesehatan lambung, kesehatan saluran kencing dan melawan penyakit gusi.


oranye

citrus-oranges

Menjaga kesehatan jantung, penglihatan, imunisasi dan mengurangi risiko berbagai kanker. Antioksidan, membantu perkembangan otak janin dan mengontrol tekanan darah.

apel
Mencegah demensia, mencegah kenaikan berat badan, menurunkan kolesterol, melawan kanker dan anti oksidan.


Pear

pear1

Antioksidan, menjaga kesehatan kardiovaskular, antiradang, menjaga kesehatan jantung, menyembuhkan luka dan lebam, memperbaiki jaringan, menjaga kesehatan penglihatan, melawan infeksi, mendukung transmisi saraf, melawaskan perut.



pisang kaki

persimmon

Menjaga kesehatan penglihatan, melegakan sembelit, diare, hemoroid (wasir) dan antioksidan.



mangga


Antikanker, menjaga kesehatan penglihatan, membantu pencernaan, menjaga kesehatan kulit, membantu memperbaiki kesehatan seksual, bermanfaat bagi anemia dan mencegah sengatan panas.



kiwi

Membantu mengatasi insomnia, mencairkan darah untuk kesehatan kardiovaskular (menurunkan kolesterol dan trigliserida), membantu memperbaiki pernapasan anak-anak (sesak napas, mengi dan batuk malam), mencegah kerusakan kulit yang menyebabkan kanker kulit, menjaga kesehatan penglihatan, kesehatan usus dan kesehatan prostat.


pisang

banana

Antikemurungan (membantu memperbaiki ragam diri dan tidur), antioksidan, mengontrol tekanan darah, meningkatkan daya konsentrasi dan memperkuat ingatan, meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, menghilangkan fitur-birit dan juga sembelit.



Artikel Terkait